What's Today: Apa Saja Bersejarah di Indonesia 19 Februari

 


CoA - Berbagai peristiwa terjadi setiap hari. Beberapa terekam dan tercatat sebagai sejarah, beberapa lainnya dilupakan seiring waktu.

Beberapa peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia pada tanggal 19 Februari adalah sebagai berikut:

Tahun 1942 - Jepang menduduki Indonesia Pada tanggal 19 Februari 1942, pasukan Jepang berhasil menduduki Indonesia setelah berhasil mengalahkan pasukan Belanda. Pendudukan Jepang di Indonesia berlangsung selama 3,5 tahun dan membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Tahun 1978 - Pemerintah Indonesia meluncurkan "Operasi Seroja" Pada tanggal 19 Februari 1978, pemerintah Indonesia meluncurkan "Operasi Seroja" yang bertujuan untuk mendukung integrasi Timor Timur ke dalam wilayah Indonesia. Operasi ini berlangsung selama beberapa bulan dan berhasil menaklukkan ibu kota Timor Timur, Dili, pada bulan Desember 1978.



Tahun 2002 - Tragedi Way Seputih Pada tanggal 19 Februari 2002, terjadi Tragedi Way Seputih di Lampung, Sumatera. Sebuah bus yang mengangkut para santri dan guru dari sebuah pesantren terguling dan menewaskan 28 orang serta melukai puluhan orang lainnya.

Tahun 2014 - Gunung Kelud Meletus Pada tanggal 19 Februari 2014, Gunung Kelud yang terletak di Jawa Timur meletus. Letusan ini mengakibatkan terjadinya hujan abu vulkanik yang menimpa wilayah sekitarnya dan mengakibatkan kerusakan pada bangunan serta tanaman. Pemerintah Indonesia mengeluarkan peringatan untuk menghindari wilayah sekitar gunung yang terkena dampak letusan.



Post a Comment

Previous Post Next Post