Aplikasi Kasir - Dokuku



Buat kalian yang lagi cari aplikasi untuk kasir, nih saya kasih informasi aplikasi kasir yang sangat full feature. Namanya dokuku.com.

Meskipun disebut aplikasi kasir, sebenarnya dokuku mempunyai fitur yang jauh lebih besar dari sebuah aplikasi kasir biasa. Dokuku merupakan aplikasi berbasis cloud, artinya internet merupakan hal wajib.


Fitur-fitur yang ada di dokuku.com

1. Point of Sales (POS)
Dari namanya kita sudah tahu kalau fitur ini digunakan untuk transaksi kasir. Kelebihannya Pos Dokuku memiliki fitur untuk :
    - Simpan transaksi antrian
    - Diskon otomatis
    - Diskon grosir
    - Beli barang A gratis barang B
    - Menu Paket
    - Formula Pengemasan
    - Fungsi Member
    - Berbagai laporan analisa kasir seperti laporan penjualan harian per kasir, laporan void, laporan retur, dll.

Untuk mendapatkanya tinggal download aplikasinya di dokuku.com menu Point of Sales (POS).


Android Version special for Resto

Selain untuk windows, kalian yg pakai tab juga bisa download aplikasinya di playstore dgn nama dokuku. Tapi perlu diketahui bro, Pos Dokuku versi android memiliki fitur yang jauh berbeda dengan dokuku versi windows. Di android, Pos Dokuku dikembangkan dengan fitur2 yang sangat cocok untuk bisnis resto. Mulai dari Nomor Meja - Gabung Meja - Print Order ke Dapur - Print Prebill - Fungsi Toping - Order Note - Menu Varian - Taking Order. Untuk Taking Order sudah disiapkan aplikasi terpisah yang yang bisa didownload di playstore dengan nama Taking Order.

Meskipun berbasis cloud, kalian tidak perlu khawatir jika koneksi internet putus, sebab POS Dokuku baik windows maupun android telah dirancang untuk dapat tetap berjalan meskipun tanpa internet. Hanya saja data transaksi yang seharusnya dikirim ke cloud secara realtime untuk sementara akan dipending menunggu adanya koneksi internet. Setelah koneksi internet normal maka sistem secara otomatis akan mengirim data2 transaksi yang tadi terpending.

O iya satu lagi, untuk kalian bingung dengan hardware, ternyata Pos Dokuku juga memproduksi hardware sendiri. Untuk paketan software dan hardware namanya adalah iPOS.






2. Multi Cabang



Kini mengelola bisnismu yang banyak ada dimana-mana bukan masalah lagi. Dengan dokuku kamu bisa melihat omset penjualan masing2 cabang maupun laporan konsolidasi hanya dengan monitoring menggunakan dashboard pusat. Selain itu fitur multi cabang juga dilengkapi dengan transfer barang antar cabang, copy produk ke cabang dan update harga cabang.



3. Penjualan (Invoicing)



Nah sampai sini kalian mulai sadarkan kalau dokuku memang bukan sekedar aplikasi kasir biasa. Kalau saya sih bilangnya fungsi kasir hanya bagian kecil dari dokuku. Di fitur penjualan ini kalian bisa mendaftarkan Customer - bikin Sales Quotation - Invoice - Nota Kredit - Penerimaan Pembayaran, tentunya juga bisa monitoring Laporan Piutang per masing2 customer.

Analisa laporan penjualan juga bisa per produk - per pelanggan - harian - bulanan - tahunan.
Laporan piutang berupa piutang belum dibayar - piutang yang sedang jatuh tempo - piutang yang telah dibayar.

Selain itu juga ada Laporan Laba/Rugi kotor (margin harga jual - harga beli). Kalian bisa analisa laporan margin per produk dan per group produk lengkap dengan nilai profit dan persentasenya.


4. Pembelian



Bisa jual ga lengkap kalau ga bisa beli, maka hadirlah fitur pembelian di dokuku. Menu-menu yang terdapat dalam fitur pembelian ini yakni Mendaftarkan Supplier - Pesanan Pembelian (PO) - Faktur Pemasok - Retur Pembelian - Pembayaran, plus monitoring Laporan Hutang per masing2 supplier.

Analisa laporan pembelian juga bisa per produk - per pelanggan - harian - bulanan - tahunan.
Laporan piutang berupa piutang belum dibayar - piutang yang sedang jatuh tempo - piutang yang telah dibayar.


5. Persediaan



Stock barang merupakan salah satu asset paling lancar dan paling potensial untuk terjadi kehilangan. Untuk itu dokuku telah disiapkan dengan laporan stock yang otomatis update sesuai transaksi yang kita input. Tentu saja fitur persediaan yang disediakan bukan hanya laporan stock. Berikut menu2 yang ada pada fitur Persediaan dokuku :

- Stock Opname,  merupakan salah satu menu paling penting untuk mengetahui apakah stock kita ada yang hilang atau tidak. Dengan menu ini kita bisa mengetahui selisih antara stock real fisik dengan stock yang ada di sistem. Hebatnya stock opname di dokuku dapat dilakukan sambil tetap melakukan transaksi penjualan, hal ini disebabkan menu stock opname di dokuku menggunakan periode waktu jam hingga menit.

- Stock Transfer, masih ingatkan kalau dokuku memiliki fitur multi cabang, stock transfer ini digunakan apabila kalian melakukan pemindahan stock dari satu cabang ke cabang yang lain.

- Cetak  Barcode, kalian bahkan bisa langsung cetak barcode tanpa aplikasi pihak ke-3.

- Cetak Label, Cetak label juga bisa langsung dari dokuku.

- Mark up/ Mark down Harga Jual, ga sah repot2 membuat harga jual, bisa langsung menggunakan menu ini.

- Export/Import Data Produk, hal yang paling merepotkan ketika pertama kali menggunakan sistem adalah mendaftarkan list item barang yang kita punya. Bayangin kalau item yang jual sampe ribuan, bisa bengkak jari daftarinnya satu2. Untungnya dokuku telah menyiapkan fungsi import data produk langsung dari excel (csv file).

- Bill of Material (BOM), yang ini mungkin kalian ga percaya, tapi dokuku beneran punya fungsi bom ini, kurang hebat apa coba.

- Laporan Stock, merupakan laporan wajib yang harus ada. Disini kalian bisa melihat pergerakan masuk dan keluar stock lengkap dengan referensi no transaksi serta posisi stock akhir.

- Laporan HPP, seperti laporan stock tapi dilengkapi dengan nilai persediaan yang dihitung menggunakan metode average. Jika kalian mensetting BOM, maka pergerakan dari BOM tsb juga otomatis akan dihitung dilaporan HPP.



Aplikasi lainnya :
untuk Accounting - Sofi Accounting
untuk Kehadiran   - Pisi Attendace
untuk Penggajian  - Pisi Payroll


0 Response to "Aplikasi Kasir - Dokuku"

Post a Comment