Ditemukan 'Harta Karun' Lumpur Lapindo. Indonesia Bisa Jadi Raja Baterai

 

Lumpur Lapindo - foto: wikipedia.org

COAnews - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berhasil menemuka kandungan berupa mineral logam kritis yakni Lithium dan Stronsium di Lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi Kementerian ESDM, Hariyanto menyebutkan, bahwa Lithium menjadi salah satu mineral langka yang berguna untuk bahan baku pembuatan baterai kendaraan listrik. Sementara Stronsium untuk bahan baku industri elektronik.



Temuan Lithium dan Stronsium yang ada di Lumpur Lapindo itu sedang dilakukan pengujian ekstraksi oleh mitra di Kementerian ESDM tepatnya di balai besar pengujian mineral dan batu bara atau TEKMIRA. 

Dari hasil analisis, kandungan Lithium di Lumpur Lapindo, Sidoarjo itu kadarnya mencapai 99 - 280 PPM sementara untuk Stronsium kadarnya mencapai 255 - 650 PPM. "Nah ini terus kami update datanya karena untuk tahun 2022 masih dalam analisis dilaboratorium kami," ujar Heriyanto.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20221214155327-4-396888/terbukti-harta-karun-lumpur-lapindo-bisa-bawa-ri-jadi-raja



0 Response to "Ditemukan 'Harta Karun' Lumpur Lapindo. Indonesia Bisa Jadi Raja Baterai"

Post a Comment