Ditemukan Fosil Dinosaurus Lengkap Dengan Kulit

fosil dinosaurus lengkap dengan kulit - foto: detik.com

COAnews - Shawn Funk, operator tambang Millennium Suncor Energy di Fort McMurray, Kanada, tak sengaja menemukan fosil dinosaurus lengkap dengan kulit saat menggali tepi sungai besar di suatu bulan maret 2011.

Dinosaurus berjenis nodosaurus itu dipajang di museum Kanada setelah direkonstruksi. Ia dinamakan Borealopelta markmitchelli.

"Biasanya ketika kami menemukan fosil dinosaurus, kami hanya memiliki kerangka, tulang belulang. Kita harus menggunakan imajinasi untuk merekonstruksi seperti apa bentuknya," ujar Caleb Brown, peneliti di Museum Paleontologi Royal Tyrrell di Alberta.

"Dalam hal ini, kami sangat beruntung karena tak hanya tulangnya, kita memiliki semua zirah di kulitnya, osteoderm-nya diawetkan, kami juga memiliki semua kulit yang awet dalam tiga dimensi," ucapnya.

Kondisi fosil dinosaurus ini memberikan kita gambaran utuh tentang bentuk asli binatang purba ini pada masa hidupnya.

Sumber: https://inet.detik.com/science/d-6466173/fosil-dinosaurus-paling-menakjubkan-di-dunia-seperti-masih-hidup