Menambah Partisi Pada Windows 10 Laptop/PC

store.hp.com

Sobat baru beli laptop tapi bingung koq partisinya cuma C doank. Biasanya kan minimal C dan D ada nongkrong di windows explorer computer. Tenang, kalau sobat beli laptopnya udah langsung ada bawaan windows, biasanya dari provider memang hanya dibuatkan satu partisi C doank.

Nah biar laptop sobat ada partisi D nya, caranya gampang koq. Ga perlu bawa ke tukang service, soba bias bikin partisi sendiri, caranya dengan menggunakan fitur "Disk Managament".

O iya, jika sebelumnya dilaptop sobat sudah ada data2 penting yang tersimpan di drive C, sebaiknya dibackup dulu. Meskipun proses bikin partisi ini secara teori tidak akan menghapus file, tapi apa salahnya jaga2, ya kan.

1. Klik kanan pada Start Menu (icon windows) di sebelah kiri bawah, pilih "Disk Management"



2. Kemudian klik kanan pada Drive C, pilih Shrink Volume



3. Kemudian pada "Enter the amount of space to shrink in MB" ketik jumlah kapasitas yang kamu akan comot dari Drive C dalam satuan MB. Kalau kapasitas Harddisk kamu 1000GB, bisa kamu isi 70 GB (700000 MB).



4. Nah selanjutnya seharusnya akan muncul satu space baru (Unallocated). Space inilah yang akan menjadi partisi baru yang kamu buat.

5. Klik kanan pada Anallocated space tadi, pilih New Simple Volume. Next.

6. Tentukan kapasitas dari partisi baru yang kamu inginkan salam satuan MB. Next.

7. Tentukan path dari partisi tersebut, misalnya D.

8. Pada Volume Label, tentukan nama label untuk partisi baru tesebut, contohnya "Data". Next.

9. Tunggu sampai prosesnya selesai, kemudia Finish.

10. Welldone, partisi baru sudah jadi.

Post a Comment

Previous Post Next Post