Tantangan Musim Dingin Pengungsi Gaza

foto: voaindonesia.com

CoA - Sally al-Masri, 38 tahun, dan lima anaknya dipaksa mengungsi dari Beit Hanoun ke kota selatan Khan Younis pada 13 Oktober.

Pada hari itu, tentara Israel memerintahkan warga Palestina yang tinggal di utara Gaza untuk menuju ke "zona aman" di selatan.

Keluarga itu meninggalkan lingkungan mereka di sebelah timur laut Kota Gaza tiga jam kemudian, membawa tas dengan pakaian dan dokumen pribadi.

"Kami mengunjungi banyak sekolah di Khan Younis, tetapi sayangnya semuanya penuh," kata al-Masri. "Kami tidak punya tempat tinggal. Kami terpaksa datang ke sini, ke rumah sakit Nasser, dan membuat tenda darurat."

Sebanyak 1,8 juta warga Palestina yang terungsi di Gaza menemukan tempat berlindung sementara di rumah kerabat, sekolah, rumah sakit, dan toko-toko yang kosong. Ketika tidak ada ruang di dalam, mereka mendirikan tenda di luar.

Menghadapi musim dingin, mereka yang terpaksa mengungsi akibat serangan Israel khawatir akan bertahan di tengah suhu rendah dan badai hujan.

Mendengar kabar hujan minggu lalu, al-Masri menutup tenda sederhana keluarganya dengan kayu dan terpal plastik tambahan untuk melindunginya dari banjir.

Banyak wilayah Gaza rentan terhadap banjir karena infrastruktur saluran pembuangan yang buruk. Infrastruktur tersebut rusak karena serangan Israel yang berulang.

Terpal dan kayu tambahan tidak melindungi keluarga al-Masri dari hujan dan angin, karena tenda keluarga tersebut banjir dan kemudian roboh.

"Seorang pria baik memperbaikinya untuk saya dan anak-anak saya setelah kami tetap di luar dalam hujan tanpa perlindungan cuaca dan terus menggigil karena dingin," kata Sally al-Masri.

"Kami basah kuyup, dan segala sesuatu basah, termasuk makanan kami, selimut, kasur, dan pakaian."

Dikutip dan diterjemahkan dari https://electronicintifada.net/content/families-forced-flee-dream-going-home/41871

Post a Comment

Previous Post Next Post