APLIKASI SOFI ACCOUNTING

Tampilan 'Permission Strategy' Aplikasi SOFI
Dear brother n sista, bagi kalian yang sedang mencari aplikasi akuntansi, saya akan share sebuah aplikasi akuntansi yang menurut saya sangat-sangat powerfull. Namanya SOFI, aplikasi ini dikembangkan oleh PT Inforsys Indonesia yang berbasis di Pulau Batam. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1998. Cukup lama ya guys.. jadi ga perlu ragu untuk nyobain SOFI :)

SOFI menyediakan 2 option database:

Pertama database lokal disimpan dikomputer kamu (one time charge)
Kedua database cloud disimpan diservernya Inforsys (monthly charge)
*kalau kamu mau pakai database cloud kamu harus punya internet ya.. :)

Dibawah ini penjelasannya.



SOFI adalah sistem komputer akuntansi lengkap ter-integrasi. Di rancang untuk menangani tingginya volume transaksi dengan dukungan database handal Microsoft SQL Server.

Program SOFI telah teruji dengan stabil pada lebih dari 250 pelanggan korporasi kami yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Batam, dan berbagai wilayah lainnya di Indonesia. SOFI telah digunakan oleh perusahaan dengan berbagai tipe bisnis seperti perkebunan, manufaktur, perkapalan, perdagangan, dan lainnya.

Anda dapat mendefinisikan kertas kerja di SOFI dengan memasukkan kontrol status transaksi. Fungsi ini akan menggantikan kertas kerja manual seperti persetujuan dokumen, revisi, ataupun tanda tangan. SOFI juga menyediakan fitur analisa biaya per Departemen, Divisi, ataupun per Project. Dengan demikian kontrol biaya akan dapat tersajikan secara lebih detil dan lebih terperinci.

Modul-modul yang ada di SOFI
1. Purchase Module
    - Purchase Requisition
    - Purchase Quotation
    - Purchase Order
    - Receive Delivery Order
    - Receive Invoice
    - Payment

2. Sales Module

    - Sales Quotation
    - Sales Order
    - Delivery Order
    - Invoice
    - Receipt

3. Inventory Module

    - Stock Issue
    - Stock Receipt
    - Stock Taking (Stock Opname)
    - Assembly

4. Account Receivable Module

    - Account Receivable
    - AR Debit Note
    - AR Credit Note

5. Account Payable Module

    - Account Payable
    - AP Debit Note
    - AR Crebit Note

6. Manufactur Module
    - Bill of Material
    - Production Order/ Job Tag
    - Assembly
    - Routing
    - Machine

7. General Ledger Module

    - General Journal
    - Adjustment Journal

8. Fixed Asset Module

    - Fixed Asset List
    - Fixed Asset Depreciation Schedule

9. Other Module
    - Project
    - Budget
    - Recurring Transaction
    - Bank Reconsiliation


Nah itu tadi modul2 standard yang ada di Sofi. Tapi tunggu dulu, selain modul2 standard di atas Sofi masih punya modul2 lain yang awsome. Mau Tau....??? lihat bawah:


Smart Feature SOFI


1. Manageable Security & Multi Level Authorization

    Disini kamu bisa nentuin sendiri masing2 user bisanya apa & ga bisanya apa. Boleh buka  apa & ga boleh buka apa. Intinya hak akses pengguna diserahkan ke kamu.

2. Multi Currency & Home Currency with Auto Forex Calculation

    Bukan hanya multi currency tapi juga multi base currency, artinya bukan hanya bisa bertransaksi dengan multi currency tapi kamu juga bisa menyajikan laporan keuangan baik Neraca maupun Rugi Laba dengan banyak mata uang, mau IDR, USD, SGD, dll semuanya bisa hanya dengan sekali jalan. Urusan selisih kurs, sudah dihitung otomatis ya. Kamu bisa melihat dua laporan forex, Laporan Forex Realize dan Laporan Forex Unrealize/Revaluation.

3. Customization Financial Report

    Format Laporan Rugi Laba dan Neraca kamu bisa design sendiri, bukan hanya satu tapi bisa banyak design. Tapi kamu harus konsentrasi ya, mendesign Laporan Keuangan ini agak ribet, biar gampang minta konsultan Sofi aja yg design buat kamu.

4. Cheuqe Monitoring

    Pembayaran menggunakan cheque membutuhkan monitoring ekstra melebihi kas ataupun transfer tunai via Bank. Cheque yang kita terima pada saat pelunasan piutang harus diproses lebih lanjut untuk mengetahui ketersediaan dananya ataupun mengubah statusnya menjadi clear. Aplikasi SOFILive membantu Anda untuk memonitoring status cheque. SOFI juga menyediakan fitur untuk mencetak cek dari berbagai Bank agar mempercepat proses pencatatan.

5. Installment

    Kamu kerja di perusahaan furniture atau properti yang menjual dengan cicilan, setting cicilanmu disini. Plus kamu bisa setting notifikasi ulang tahun customer kamu.

6. Work in Progress (WIP)

    Menu ini sebenarnya adalah menu inventory. Contoh jika kamu bekerja di perusahaan yang berbasis project seperti shipyard, developer dll. Tentunya kamu harus mencatat stock dan material yang terpakai. Nah pada saat material akan dikeluarkan untuk dipakai dalam pekerjaan, kamu lakukan 'Stock Issue'. Sebelumnya kamu setting dulu untuk transaksi stock issue apakah langsung menjurnal ke 'Biaya Material' atau menjurnal dulu ke 'WIP'.

7. School System

    Untuk sekolahan juga disediakan menu pembayaran SPP dan management siswa. Mau lebih keren kamu bisa request untuk bisa auto email tagihan SPP ke wali siswa.

8. Delivery Package & Customer Distance

     Modul delivery package berfungsi untuk mengatur pengiriman barang pesanan kepada pelanggan. Pengaturan yang dilakukan meliputi jarak lokasi gudang dengan lokasi pelanggan, jenis kendaran yang di gunakan serta upah supir yang terlibat dalam pengiriman barang. Modul ini akan cocok digunakan untuk perusahaan distributor.

9. Vehicle Module

    Modul ini juga cocok untuk perusahaan distributor. SOFI akan membantu Anda dalam mencatat jenis kendaraan, tipe, supir yang bertugas, dan juga kapasitas kendaraan yang digunakan untuk operasional perusahaan. Disamping itu skedul service kendaraan serta biaya yang dikeluarkan untuk setiap jenis kendaraan juga akan dapat disajikan secara lengkap.

10. Multi Price

     Lagi-lagi modul ini sangat cocok untuk perusahaan distributor. Kamu bisa bikin pricelist harga jual barang X untuk customer A harga 10.000, customer B harga 9.500, customer C harga 9.000. Sedangkan untuk barang Y kamu menggunakan diskon, ke customer A diskon 5%, customer B diskon 10%, customer C diskon 15%.

11. Price Capitalization

     Misal kamu beli barang dari luar negri 10 jenis item dengan qty yang berbeda-beda dan harga beli yang berbeda2. Untuk sampainya barang dari supplier sampai ke gudang tentunya ada biaya2 tambahan yang harus kamu keluarkan. Contoh biaya ongkos angkut jika biaya ongkos kamu tanggung sendiri, biaya loading pelabuhan, biaya urus segala macam surat2 kepabean, dll. Kamu bisa akui biaya2 tersebut sebagai sebagai biaya (tinggal bikin jurnal biaya) atau kamu bisa akui biaya2 tersebut masuk ke dalam harga pokok masing2 produk. Jadi harga pokok produk yg kamu beli adalah harga beli dari supplier ditambah dengan biaya2 tambahan tadi.


11. Billing of Material (BOM)
     Disini kamu bisa mendefinisikan setiap item finished good terdiri dari item2 penyusun material apa saja. Nah untuk transaksinya tinggal pakai menu "Assembly" yang ada di modul inventory.

Sudah cukup belum???


Sekarang untuk laporan. Laporan apa saja yang bisa disajikan Sofi?

Haduh.....banyak banget, yang pasti semua transaksi yang kamu input itu ada laporannya baik secara detail maupun summary. 
Untuk Hutang Piutang saja sudah ada 5 type analisys, by Aging, Outstanding, Due, Over Due, and Paid.
Buku besar COA, Neraca Saldo, Jurnal listing dengan segala macam type dan analisanya.
Purchase Report, Sales Report, Stock Report yang dipisah2 detail permasing2 transaksi. Kalau kamu mau tau laporan yang kamu butuhin ada atau tidak, tanya aja deh, banyak banget kalau saya harus tulis semua.

Banyak lagi sebenarnya keunggulan SOFI yang menjadikan software ini layak disandingkan dengan software besar dunia. Mulai dari setup awalnya apakah periode fiskalmu dimulai dari 1 Januari s/d 31 Desember atau kamu bisa tentukan sendiri contohnya dari 01 April s/d 31 Maret.
Kamu juga bisa setting apakah diizinkan atau tidak penerimaan barang (GRN) melebihi qty PO. Inventory Methodnya kamu bisa tentukan menggunakan FIFO atau Average. Calculation methodnya kamu juga bisa menentukan menggunakan Periodic atau Perpetual. Kamu juga bisa menerapkan aturan ketat dengan mengunci sistem tidak bisa entry transaksi diluar periode aktif, atau sedikit longgar dengan membolehkannya. Jurnal hutang piutang kamu bisa tentukan apakah dijurnal pada saat penerimaan barang atau pada saat penerimaan invoice, kalau kamu memilih menjurnal hutang piutang pada saat penerimaan barang, tambahkan akun hutang piutang sementara, ini sangat bermanfaat apabila antara penerimaan barang dan penerimaan invoice terjadi pada bulan. yang berbeda. 


Kamu juga bisa setting apakah sistem mengijinkan transaksi yang menyebabkan stock minus atau tidak, ini terkadang diperlukan apabila entryan barang masuk sering telat dilakukan sedangkan pengiriman barang harus segera dilakukan, tapi settingan ini hanya bisa untuk metode periodik. Penomoran dokumen juga bisa diatur apakah running number posisinya di belakang atau di depan, kamu juga bisa tambahkan inisial karakter pada masing2 nomor dokumen transaksi seperti PO, DO, INV, dll. Nomor dokumennya juga kamu bisa setting apakah running number akan direset kembali ke awal setiap bulan atau setiap tahun atau tidak pernah direset.

Format2 printout bisa disesuaikan sesuai keinginanmu, tapi tentu saja hal itu tidak bisa kamu lakukan sendiri, harus hubungi pihak pengembang.

Setiap transaksi di SOFI memiliki 3 level status, Entry - Confirm - Running. Entry berarti masih bersifat sebagai draft. Confirm sudah dikonfirmasi tapi masih tetap sebagi draft. Running berarti transaksi sudah deal dan semua yg terkait transksi tadi seperti jurnal dan stock akan masuk ke laporan. Masing2 status tadi dapat dirubah oleh user yang sama atau agar lebih terkontrol dapat diberikan otorasi yang berbeda bagi masing2 user. 

0 Response to "APLIKASI SOFI ACCOUNTING"

Post a Comment