RETAIL DISKON POLICY


RETAIL DISKON POLICY

Secara garis besar ada 4 jenis diskon policy, yaitu :
1.          Diskon Hemat (diskon per item)
2.          Diskon Total Otomatis
3.          Diskon Quantity
4.          Diskon Kelompok Barang (diskon group)

Jadi dimenu diskon policy dibuat pilihan untuk memilih diskon mana yg akan dipakai. Dari ke empat jenis diskon tersebut masing2 ada optional utk memilih apakah diskon tersebut berlaku untuk member atau tidak.
Penjelasan :

1.          Diskon hemat
Diskon hemat yaitu diskon yang diberikan sebagai potongan harga untuk item tertentu. Misal setiap pembelian  1 pc barang A, otomatis mendapat diskon sebesar 2,5%. Diskon hemat ini memiliki masa berlaku sehingga apabila telah sampai tanggal diluar periode diskon hemat maka settingan diskon otomatis hilang. Diskon bertingkat juga merupakan satu paket/ settingan dengan diskon hemat. Nilai dari diskon hemat ini bisa persentase dan bisa nominal.

Settingan untuk diskon hemat :
- Pada menu diskon policy pilih jenis diskon yaitu diskon hemat.
- Ketik nama promosi (judul), misal Diskon Hemat Akhir Tahun, Diskon Hemat Bulan Februari, dll.
- Numbering ( otomatis ).
- Input periode diskon hemat berlaku : start & end. (misal start : 1 januari 2010, end : 28 februari 2010).
- Input Item yg diberi diskon (metode searching dari principal, partgroup, category).
- Input besarnya discount.

Tampilan :
Nama diskon : Diskon Hemat Akhir Tahun

Barcode
Nama barang
Price
Diskon
Total diskon
Price after diskon



Disc. 1
Disc.2
Disc.3
Nominal



Barang A
10.000
10%



1.000
9.000

Barang B
10.000



500
500
9.500

…..







  
-    Pilih apakah diskon ini berlaku untuk member atau tidak
-    Proses kemudian Print, Cetak Label harga price tag sesuai harga after diskon yaitu 9000 dan 9500.

Namun bila diprint price tag dari stock card maka harga yg muncul masih harga lama yakni sblm dipotong diskon.  Jadi price tag dgn harga after diskon ini hanya bisa diprint dari menu diskon policy.

Perlu diingat input settingan diskon ini bisa multi command, artinya kita bisa input diskon hemat dgn nama diskon akhir tahun namun kita juga bisa input diskon hemat yang lain dgn nama diskon yg lain dan barang yg lain. Jadi kalau kita input diskon hemat kedua dengan periode yg sama maka nama diskonnya lain dan partnya juga harus part yg berbeda, namun jika kita input diskon hemat dgn periode berbeda maka item barangnya boleh saja sama.

2.    Diskon Total Otomatis
Diskon Total Otomatis adalah diskon yang diberikan apabila pembelanjaan customer utk sekali transaksi mencapai nilai tertentu. Misal : untuk pembelanjaan senilai Rp. 500.000,- atau lebih maka mendapat diskon sebesar 10% atau sebesar 10.000 atau mendapatkan voucher atau mendapatkan potongan harga utk pembelian item tertentu (misal mendapat potongan setengah harga utk Bimoli 1 kg).
Pada diskon total otomatis ini tidak ada pilihan part. Barang apa saja yg dibeli yg penting jika nilainya mencapai 500.000 maka mendapatkan diskon sesuai dgn yg ditentukan.
Ada 4 macam pilihan jenis hadiah (diskon) yg diberikan, yaitu : berupa persentase, nominal, voucher dan potongan harga item barang tertentu.

Settingan untuk Diskon Total Otomatis
- Pada menu diskon policy pilih jenis diskon yaitu diskon total otomatis.
- Ketik nama promosi (judul), misal Diskon Hemat Akhir Tahun, Diskon Hemat Bulan Februari, dll.
- Numbering ( otomatis ).
- Input periode diskon berlaku : start & end. (misal start : 1 januari 2010, end : 28 februari 2010).
- Input Total pembelanjaan yang akan menjadi dasar pengenaan diskon.
- Input jenis hadiah (diskon) yang diberikan.

Tampilan :
Nama : Diskon akhir tahun
               
    

Keterangan :
  1. Pada jenis hadiah diskon pilihannya adalah : persentase, nominal, voucher dan potongan item tertentu. Jika dipilih salah satu maka yg lain mnjadi tidak aktif.
  2. Untuk jenis persentase dan nominal ketika dipilih, maka di POS ketika nilai pembelanjaan melebihi 500.000 akan secara otomatis muncul diskon total senilai diskon yg diberikan.
  3. Untuk jenis voucher ketika dipilih, hanya akan muncul alert bahwa mendapat voucher. Tidak ada pengaruh apa2 lagi.
  4. Untuk jenis potongan harga item tertentu ketika dipilih (seperti contoh), maka muncul alert bahwa jika belanja bimoli 1kg (sblm struk diprint) akan mndapat diskon sebesar Rp. 5.000,-. Maka jika sicustomer jadi mmbeli bimoli 1kg, ketika discan diskonnya otomatis muncul. Namun jika kejadiannya setelah struk di print. Diskon tidak akan muncul lagi alias diskon sudah tidak berlaku.

3.       Diskon Quantity
Diskon quantity adalah diskon yang diberikan untuk pembelanjaan item tertentu atas quantity barang tsb. Misal setiap pembelian 5 pcs barang A maka akan mendapat diskon sebesar 10% atau sebesar 10.000 atau mendapatkan voucher atau mendapatkan potongan harga utk pembelian item tertentu (misal mendapat potongan setengah harga utk Bimoli 1 kg). B1G1 juga menggunakan metode diskon quantity.  

Settingan untuk Diskon Total Otomatis
- Pada menu diskon policy pilih jenis diskon yaitu diskon quantity.
- Ketik nama promosi (judul), misal Diskon Hemat Akhir Tahun, Diskon Hemat Bulan Februari, dll.
- Numbering ( otomatis ).
- Input periode diskon berlaku : start & end. (misal start : 1 januari 2010, end : 28 februari 2010).
- Input item yg diberi diskon (metode searching dari principal, partgroup, category).
- Input quantity yg menjadi dasar pemberian diskon.
- Input nilai diskon yang diberikan.
- Pilih berlaku kelipatan atau tidak.

Misal setiap pembelian 5pcs rinso 500g maka mendapatkan cashback Rp. 500,-.
      Harga Rinso 500g per piece yaitu Rp. 1.000,-

Tampilan :
Nama : Diskon akhir tahun



4.          Diskon Kelompok Barang (Diskon Group)
Diskon kelompok barang adalah diskon yang diberikan apabila total pembelanjaan terhadap suatu kelompok barang mencapai nilai tertentu. Kelompok barang disini bisa berdasarkan principal contoh produk2nya unilever, bisa berdasarkan partgroup bisa juga berdasarkan category dan bisa custom. Diskon kelompok barang ini mirip dengan diskon total otomatis hanya saja total pembelanjaan yang menjadi dasar diskon bukan total pembelanjaan seluruh barang melainkan total pembelanjaan barang2 dari kelompok tertentu yang sudah di set sebelumnya.
Misal setiap pembelanjaan produk2 unilever senilai Rp.100.000,- atau lebih maka mendapat diskon potongan harga senilai Rp. 5.000,-.

Settingan untuk Diskon Kelompok Barang
-   Pada menu diskon policy pilih jenis diskon yaitu diskon quantity.
- Ketik nama promosi (judul), misal Diskon Hemat Akhir Tahun, Diskon Hemat Bulan Februari, dll.
- Numbering ( otomatis ).
- Input periode diskon berlaku : start & end. (misal start : 1 januari 2010, end : 28 februari 2010).
- Input kelompok barangnya (groupnya)
- Input Total pembelanjaan yang akan menjadi dasar pengenaan diskon.
- Input jenis hadiah (diskon) yang diberikan.

Tampilan :
Nama :  Diskon akhir tahun



Settingan diskon kelompok barang ini juga harus dibuat multi command, sebab bisa saja secara bersamaan principal yg lain atau kelompok barang yang lain juga mengadakan diskon serupa.

Keterangan :
Jika pada part dipilih custom maka untuk pemilihan partnya adalah dengan pengetikan nama barang atau barcode, jangan menggunakan ceklis sebab itu akan sangat menyusahkan jika memiliki item barang yang banyak semisal ribuan item barang.


Keterangan untuk semua jenis diskon :
Jika diperhatikan semua jenis diskon memiliki pilihan “apakah diskon ini berlaku untuk member atau tidak”. Hal ini sangat berkaitan dengan laporan saya sebelumnya yg berjudul  “Management Sistem Retail”. Dilaporan sebelumnya pada master customer kita ada membuat tipe/ level customer. Untuk tipe/ level customer “member” biasanya ada diskon reguler yg diberikan yang tidak memandang periode (tanpa periode), artinya diskon reguler ini akan selamanya berlaku untuk member. Jadi jika pada diskon policy dipilih bahwa diskon tsb berlaku untuk member maka secara otomatis diskon regular yg diberikan untuk member menjadi batal. Batal disini bukan batal selamanya, namun hanya batal pada saat transaksi tsb saja. Artinya ketika pembelanjaan member belum memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon maka member hanya akan mendapatkan diskon reguler saja. Namun jika pembelanjaannya telah memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon maka hanya diskon policy saja yang diperolehnya sedangkan diskon regular tidak berlaku pada saat transaksi tsb.

Terima kasih.


0 Response to "RETAIL DISKON POLICY"

Post a Comment