Neraca Lajur



Neraca Lajur adalah daftar perkiraan yang disusun pada akhir periode akuntansi untuk membantu memudahkan penyususan Laporan Keuangan yang terdiri dari beberapa kolom berupa Perkiraan Akuntansi, Neraca Saldo, Penyesuaian, Neraca Saldo Setelah Penyesuaian, Rugi Laba, Neraca.

Dalam Siklus Akuntansi neraca lajur merupakan siklus ke-7.


Bentuk Neraca Lajur

Berikut contoh dari bentuk Neraca Lajur


Data pada kolom Neraca Saldo bersumber dari Neraca Saldo (siklus ke-5), sedangkan data pada kolom Penyesuaian bersumber dari akumulasi Jurnal Penyesuaian (siklus ke-6).


Selanjutnya lengkapi data pada kolom Neraca Saldo Setelah Penyesuaian dengan cara mengkalkukasi nilai debit dan kredit pada kolom Neraca Saldo dan Penyesuaian sesuai dengan kategori akun masing2 (lihat Kategori COA).

- Untuk kategori debit rumus kalkulasinya (Neraca Saldo (Debit - Kredit) + Penyesuaian (Debit - Kredit)

- Untuk kategori kredit rumus kalkulasinya (Neraca Saldo (Kredit - Debit) + Penyesuaian (Kredit - Debit)



Kemudian pisahkan masing2 akun sesuai tipenya. Akun Rugi/Laba masuk ke kolom Rugi/Laba, sedangkan akun Neraca masuk ke kolom Neraca.



Perhatikan pada row Sub Total kolom Rugi/Laba dan Neraca totalnya tidak balance. Ini menunjukkan terjadi laba atau rugi pada catatan akuntansi.

Pada kolom Rugi/Laba apabila nilai kredit lebih besar dari nilai debit berarti terjadi laba, sebaliknya apabila nilai debit lebih besar dari nilai kredit berarti terjadi rugi.

Untuk mengetahui besaran laba atau rugi hitung nilai selisih debit dan kredit pada kolom Rugi/Laba. Masukkan nilai selisih tersebut dibawah kolom dengan nilai yang lebih kecil.

Lakukan hal yang sama untuk kolom Neraca. Apabila catatan anda benar, maka selisih pada kolom Rugi/Laba nilainya sama dengan selisih pada kolom Neraca.



Diketahui Perusahaan memperoleh laba sebesar Rp 78.500.000,-


Prev: << Ayat Jurnal Penyesuaian                                                                                 Next: Laporan Keuangan >>                                                            

0 Response to "Neraca Lajur"

Post a Comment